Indikator
  • Undercontruction

Bukan Digoreng, Ini Cara Tepat Memasak Tempe

Home / Kuliner / Bukan Digoreng, Ini Cara Tepat Memasak Tempe
Bukan Digoreng, Ini Cara Tepat Memasak Tempe ILUSTRASI. Olahan tempe goreng. (Foto: vemale.com)

TIMESPROBOLINGGO, JAKARTA – Siapa yang tak kenal tempe. Makanan yang satu ini dikenal luas sebagai salah satu lauk yang sangat enak untuk dikonsumsi. Bahkan, tempe goreng juga dianggap sebagai makanan yang kaya akan nutrisi. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada cara mengolah tempe lainnya yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan menggorengnya.

Dilansir dari Dokter Sehat, Made Astawan, Ketua Forum Tempe Indonesia sekaligus Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor menyebutkan bahwa kandungan nutrisi di dalam tempe yang bisa menyehatkan tubuh sekaligus terasa lezat saat dikonsumsi ternyata bisa didapatkan asalkan kita memasaknya dengan benar.

Di dalam tempe, kita bisa menemukan mahluk hidup berupa prebiotik, semacam mikroba atau bakteri asam laktat yang merupakan bakteri baik. Bakteri ini juga bisa kita temukan pada yoghurt meskipun jumlahnya di dalam tempe memang jauh lebih besar.
 
Yang tidak disadari banyak orang adalah prebiotik dan kandungan baik lainnya di dalam tempe ternyata bisa rusak jika kita panaskan layaknya saat digoreng. Tak hanya itu, kandungan minyak kedelai yang kaya dengan lemak nabati sehat pada tempe juga akan digantikan dengan minyak goreng yang kaya akan lemak jenuh. Hal ini tentu akan menurunkan nilai gizi dari tempe.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengolah tempe? Made menyebutkan bahwa ada baiknya kita mengukusnya, membakarnya, atau memanggangnya sehingga kita pun bisa mendapatkan nutrisi sehatnya dengan maksimal. Selain itu, kita juga bisa mengolahnya sebagai jus yang dicampur dengan buah-buahan.

Meskipun terlihat aneh, dalam realitanya tempe kaya akan MSG alami yang membuatnya tetap enak meskipun dijus. Apalagi jika tempe berada dalam kondisi fresh dan dibuat dengan higienis. Kita pun bisa menikmati tempe dalam jenis lain yang tak kalah lezatnya jika dibandingkan dengan tempe goreng. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com