Indikator
  • Undercontruction

Ada Penangkapan Teroris, Pemkot Probolinggo Imbau Tingkatkan Siskamling

Home / Peristiwa / Ada Penangkapan Teroris, Pemkot Probolinggo Imbau Tingkatkan Siskamling
Ada Penangkapan Teroris, Pemkot Probolinggo Imbau Tingkatkan Siskamling Sekda Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo (FOTO: Dok/TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Pasca penangkapan tiga terduga teroris di Perumahan Sumber Taman Indah, Kota Probolinggo oleh Densus 88 Anti Teror, Rabu (16/5/2018) malam, Pemkot Probolinggo, meminta agar sistem keamanan lingkungan (siskamling) ditingkatkan.

Tujuannya, masyarakat lebih awas mengawasi lingkungan. “Lakukan juga jam malam dan wajib lapor. Bagi warga pendatang, dalam 2 x 24 jam wajib lapor ke RT setempat,” kata Sekda Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo, kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Kamis (17/5/2018).

Mantan Direktur RSUD dr Moh Saleh ini juga meminta masyarakat waspada, namun tetap tenang.  “Pada intinya pemkot tidak mentolerir adanya terorisme di Kota Probolinggo,” ucapnya.

Berita serta ceramah-ceramah di masjid, musala, serta tempat pengajian atau tempat berkumpul masyarakat juga tak luput dari perhatian pemkot. Lebih-lebih bila mengandung provokasi.

“Ingatkan (pembicara) agar tidak melakukan ceramah yang provokatif dan memperkeruh suasana. Sehingga, masyarakat tidak terpengaruh melakukan tindakan yang tidak kita inginkan,” imbaunya.

Pemkot Probolinggo pun mendukung apa yang dilakukan polisian dalam mengungkap kasus terorisme. “Densus 88, Polresta Probolinggo bersama Kodim sudah berupaya memberikan ketentraman. Saya berharap masyarakat tidak gelisah dengan adanya aksi teror bom dan tidak terpengaruh isu karena kasus ini sudah ditangani,” tegas sekda. 

Ia pun kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah percaya pada berita yang beredar di media sosial (medsos). Sebab, saat ini tren hoaks sangat tinggi. Masyarakat harus mengecek kebenarannya, tidak mudah men-share berita yang belum jelas sumbernya. 

“Masyarakat harus cerdas, apakah itu hoaks atau bukan. Karena di medsos, itu (hoaks) gampang sekali dimunculkan,” pungkasnya.

Di akhir perbincangan, sekda kembali mengingatkan soal pentingnya peningkatan siskamling dalam upaya mencegah terorisme dan pengamanan lingkungan. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com