Indikator
  • Undercontruction

Inilah Tata Cara Shalat Idul Fitri

Home / Peristiwa - Nasional / Inilah Tata Cara Shalat Idul Fitri
Inilah Tata Cara Shalat Idul Fitri Shalat Idul Fitri. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, JAKARTA – Setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, kini saatnya umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri atau Shalat Id. Bagaimana tata cara shalat Idul Fitri menurut Islam? Ikuti ulasan dari Kementerian Agama (Kemenag) ini.

Menurut Direktur Urusan Agama Islam Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Juraidi, bahwa hukum shalat Idul Fitri adalah sunah muakadah.

Adapun tata cara shalat Idul Fitri berdasarkan Islam, pertama shalat didahului dengan niat salat. Ushalli sunnata li-idil fithri rak'ataini imaman/makmuman lillahi taala.

Setelah niat, lalu membaca doa iftitah dan dilakukan takbir sebanyak 7 kali. Di antara 7 takbir tersebut disunahkan membaca kalimat zikir: subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar.

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Selanjutnya, pada rakaat pertama tak ada bacaan wajib. Hanya saja Rasulullah biasa membaca QS Al-A'la setelah Alfatihah.

Untuk rukuk diikuti sujud. Bacaannya sama dengan salat 5 waktu.

Sementara, untuk rakaat kedua, dilakukan takbir 5 kali dengan bacaan di antara takbir sama dengan rakaat pertama. Setelah itu dibaca QS Alfatihah dan satu surat lainnya. Pada zaman Rasul biasa dibacakan QS Al-Ghashiyah.

Usai rakaat kedua, berlanjut rukuk dan sujud hingga salam. “Setelah shalat akan dibacakan khutbah Idul Fitri. Dianjurkan jemaah untuk mendengarkan khotbah sebelum pulang,” katanya.

Mengapa demikian? Karena jelas Junaidi, khotbah merupakan bagian dari pelaksanaan shalat id. “Dari itu, para jemaah diharapkan tidak pulang dulu sebelum khutbah selesai.

Karena tegas dia, jika tidak ikut mendengarkan khotbah, shalat Id-nya memang sah, tapi tidak sempurna. Diketahui, waktu shalat Id, secara Islam digelar saat waktu syuruq atau waktu terbitnya matahari. Semoga ibadah puasa diterima oleh Allah dan bisa melaksanakan shalat Idul Fitri atau Shalat Id dan berlebaran bersama keluarga dan tetangga. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com