Indikator
  • Undercontruction
Porsemanas 1

Ketua PBNU Robikin Emhas: Ayo Sukseskan Porsemanas 1 di UIN Malang

Home / Peristiwa - Daerah / Ketua PBNU Robikin Emhas: Ayo Sukseskan Porsemanas 1 di UIN Malang
Ketua PBNU Robikin Emhas: Ayo Sukseskan Porsemanas 1 di UIN Malang Ketua PBNU, Robikin Emhas. (FOTO: Istimewa)

TIMESPROBOLINGGO, JAKARTA – Gelaran Porsemanas 1 (Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif Nasional) Ke-1 di Kampus UIN Malang dan Unisma Malang, Jatim, mendapat support banyak pihak. Di lingkungan NU, Ketua PBNU KH Robikin Emhas mengajak semua pihak untuk menyukseskan even nasional ini.

’’Pekan olahraga dan seni ini jadi sarana dakwah, mencari bibit unggul, dan mengetahui talenta-talenta generasi muda NU. Karena semua peserta adalah kader NU yang belajar di lembaga pendidikan Ma’arif NU,’’ ujar Robikin Emhas pada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) beberapa saat lalu.

Porsemanas 1 ini akan digelar dilaksanakan pada 23-27 Juli 2018. Temanya kegiatan yang baru kali pertama digelar ini adalah Menyiapkan Generasi Emas 2030.

Menurut rencana, Porsemanas akan dibuka Presiden Joko Widodo di Gedung Bundar Unisma Malang. Selain itu juga dihadiri Menpora RI Imam Nahrawi, Ketua Umum PBNU Prof KH Said Aqil Siroj, akademisi NU, dan para ulama.

Even tingkat nasional ini diikuti oleh siswa MTs/SMP dan MA/SMK/SMA utusan dari LP Maarif seluruh Indonesia. Mereka akan mengikuti lomba di 9 cabang olahraga dan 10 cabang kesenian. TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) menjadi media partner even nasional di lingkungan LP Ma’arif NU yang baru kali pertama digelar ini.

Ada 9 cabang olahraga dan 10 cabang kesenian yang akan dijalani peserta. Masing-masing untuk cabang olahraga adalah senam pagar nusa, volley, lari 1000 m, lari 100 m, catur, bulutangkis, senam Islam Nusantara, tenis meja, dan futsal.

Sedang untuk cabang seni meliputi qasidah modern, cerdas cermat Aswaja, pidato Bahasa Arab, musabaqah syahril Quran, musabaqah tilawatil Quran, video pendek, paduan suara, kaligrafi, pidato Bahasa Inggris, dan puisi religi.

Robikin menambahkan, sesuai dengan pedoman pelaksanaan acara, dibuat untuk menyongsong Satu Abad Nahdlatul Ulama  yang jatuh pada tahun 2026. Selain itu juga memanfaatkan momentum bonus demografi bangsa Indonesia yang mencapai puncaknya pada 2030.

“Tema ini sangat penting bagi NU. Terutama untuk generasi muda NU yang akan bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini,’’ tuturnya.

Porsemanas 1 ini juga dilaksanakan di kampus Islam yang secara iklim bernuansakan NU. Yakni UIN Malang dan Unisma Malang. ’’Ini patut kita dukung bersama. Kita sukseskan bersama,’’ ujar Ketua PBNU KH Robikin Emhas. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com