Indikator
  • Undercontruction

Teknologi Robot Mulai Rebut Pekerjaan Manusia

Home / Tekno / Teknologi Robot Mulai Rebut Pekerjaan Manusia
Teknologi Robot Mulai Rebut Pekerjaan Manusia ILUSTRASI. (FOTO: iNews)

TIMESPROBOLINGGO, YOGYAKARTA – Perkembangan teknologi kian pesat. Tak hanya teknologi informasi saja, dunia teknologi robot pun mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Akhirnya, banyak aktivitas pekerjaan manusia ditangani oleh robot. Selain biaya murah, penggunaan robot lebih efisien dan efektif.

“Dimasa mendatang robot akan semakin dibutuhkan dibutuhkan oleh manusia untuk membantu menyelesaikan dan meringankan pekerjaan,” kata pemerhati robot dari PT ABB Sakti Industri Robotics, Widhi Krisna Kusuma dalam acara The Indonesian Symposium on Robotic Systems and Control (ISRSC) di gedung kembar KH Ibrahim Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa (10/7/2018).

Simposium ini bagian dari acara Kontes Robot Tingkat Nasional 2018 yang berlangsung pada 10 hingga 13 Juli di Kampus UMY.

Widhi menambahkan, dalam dunia industri, robot memegang peran yang penting untuk membantu manusia sehingga manusia tidak perlu lagi melakukan kegiatan atau pekerjaan yang beresiko fatal bagi kelangsungan hidupnya.

Perusahaan-perusahaan industri saat ini mulai banyak menggunakan jasa robot dalam proses pekerjaan mereka. Misalnya, melakukan pekerjaan berat dengan tingkat keamanan yang minim dan beresiko tinggi.

“Masa depan robot sangat cerah. Para peserta KRI penggiat robotic harus punya semangat untuk berkolaborasi dengan dunia digital. Saya juga berharap agar manusia bisa berkolaborasi dengan robot bukan robot menggantikan manusia,” terang Widhi.

Master of Enginering Universitas Gajah Mada, Dr. Eng, Adha Imam Chayadi menerangkan, dalam age of automation zaman sekarang ini jumlah pekerja akan semakin berkurang hingga 85 persen. 

Sebab di era industri 4.0, robot akan berperan dalam menggantikan tugas manusia, sehingga dapat menjangkau area yang luas dan efisien. 

“Dalam revolusi industri 4.0 kita jangan hanya jadi penonton namun harus menjadi pelaku,” kata Adha mengenai kemungkinan teknologi robot yang merebut pekerjaan manusia. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com