Indikator
  • Undercontruction

Jaga Hubungan Dagang Indonesia-Amerika, Kemendag RI Akan Kunjungi AS

Home / Ekonomi / Jaga Hubungan Dagang Indonesia-Amerika, Kemendag RI Akan Kunjungi AS
Jaga Hubungan Dagang Indonesia-Amerika, Kemendag RI Akan Kunjungi AS Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, JAKARTAKemendag RI berencana akan memimpin kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS) pada 21-28 Juli 2018. Mendag RI Enggartiasto Lukita mengatakan langkah ini dilakukan guna menjaga keseimbangan hubungan dagang antara Indonesia dengan AS.

Kunjungan kerja tersebut digelar Kemendag RI (Kementerian Perdagangan) bersama dengan KADIN, asosiasi, para pelaku usaha, dan para pemangku kepentingan.

Kunjungan ini merupakan langkah antisipatif atas dinamika perdagangan internasional saat ini yang memicu merebaknya kebijakan proteksionisme hingga kenaikan tarif bea masuk. 

Di samping itu, kunjungan ini akan memperkuat kemitraan bilateral kedua negara.

“Pemerintah Indonesia akan berupaya menjaga dan mengamankan pasar komoditas ekspor Indonesia ke negara negara tujuan ekspornya untuk mencapai target pertumbuhan ekspor 11%. 

Oleh karena itu, pemerintah harus sigap bertindak jika ada indikasi pasar ekspornya akan mengalami hambatan.

"Kunjungan ke AS kali ini berupaya menjaga agar kepentingan ekspor Indonesia tidak terganggu karena AS adalah negara mitra dagang utama kedua setelah China,” kata Mendag Enggar di Kantornya, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Salah satu agenda yang akan dibahas Mendag di AS adalah kenaikan tarif impor besi baja dan aluminium ke AS.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com