Just a moment...
DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: 44ddc0acdd3aa9c0

Kenali Bakat Anak Sejak Dini, Ini Caranya!

Home / Gaya Hidup / Kenali Bakat Anak Sejak Dini, Ini Caranya!
Kenali Bakat Anak Sejak Dini, Ini Caranya! ILUSTRASI. (FOTO: Parenting Club)

TIMESPROBOLINGGO, JAKARTA – Orang tua perlu mengenali bakat anak sejak dini. Mengenali bakat anak sejak dini, bisa membuat orang tua lebih mudah untuk mengarahkan dan mengasah bakat anak. Sehingga, kemungkinan anak akan berprestasi saat menginjak usia dewasa pun akan lebih besar.

Berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengenali bakat anak dengan tepat, dilansir dari educenter.id.

1. Memperhatikan Perilaku Anak

Perhatikan aktivitas apa yang paling sering dilakukan anak. Apakah itu menggambar, bermain musik, atau berolahraga. Setelah itu, cek apakah ia konsisten melakukan hal tersebut dan senang berlama-lama melakukannya. Jika anak terlihat sangat menikmati melakukan salah satu kegiatan, bahkan tidak ingin diganggu saat sedang fokus melakukannya, kemungkinan besar itulah bakatnya.

2. Berikan Anak Kebebasan Bereksplorasi

Dengan hanya mengurung anak di dalam rumah, ia tidak akan memiliki kesempatan mencoba banyak hal. Anak pun akan kesulitan menemukan bakatnya. Bagaimanapun juga, seorang anak akan menyukai sesuatu jika ia pernah mencobanya.

3. Ciptakan Stimulus

Saat Anda kesulitan menemukan bakat buah hati dengan melihat hobinya, Anda dapat mencoba memberinya pancingan untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Seperti mengikutsertakan anak dalam beberapa jenis les, misalnya les musik, seni tari, atau olah raga.

4. Mengelompokkan Jenis Kecerdasan Anak

Untuk mempermudah mengenali bakat anak, Anda perlu memahami bahwasanya terdapat 8 jenis kecerdasan majemuk yang dimiliki setiap anak. Apa saja?  Kecerdasan bahasa, logika-matematika, kinestetik, spasial, musik, interpersonal, intrapersonal, dan spiritual. Setiap anak dianugerahi bakat yang berbeda-beda. Tidak menutup kemungkinan mereka memiliki lebih dari satu bakat.

5. Mengikuti Tes Pengenalan Bakat

Salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengenali bakat anak adalah dengan mengikuti tes sidik jari pengenalan bakat. Namun perlu pula dipahami bahwa setelah mengetahui jenis bakat anak melalui tes tersebut, Anda pun tetap harus berupaya untuk mengasahnya. Meski anak memiliki bakat bermain musik misalnya, ia tidak akan berprestasi tanpa berlatih secara terus-menerus.

6. Berpartisipasi dalam Berbagai Perlombaan

Menurut Howard Gardner, bakat merupakan sebuah aktivitas teratur yang dihargai oleh orang lain dan dapat dinilai berdasarkan tingkat kemahirannya. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengukur keahlian buah hati adalah dengan mengikutsertakan ia pada lomba-lomba yang sesuai dengan minatnya. Jika dari lomba tersebut ia dapat meraih prestasi, maka kemungkinan besar di situlah lekat bakatnya.

Itulah langkah yang bisa dilakukan untuk mengenali bakat anak sejak dini. Cara ini bisa membantu orang tua untuk mengarahkan dan mengasah bakat anak. (*)

Berita Terkait

Komentar

Just a moment... table
DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: 44ddc0b98c4da9ba
Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com