Indikator
  • Undercontruction
Catatan Perjalanan Haji KH Tauhidullah Badri (10)

Banyak Makanan Nusantara, JCH Indonesia Serasa di Kampung Halaman Sendiri

Home / Opini / Banyak Makanan Nusantara, JCH Indonesia Serasa di Kampung Halaman Sendiri
Banyak Makanan Nusantara, JCH Indonesia Serasa di Kampung Halaman Sendiri Aneka makanan dan camilan khas Indonesia yang dijual di depan hotel tempat JCH menginap (FOTO: KH. Tauhidullah Badri for TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Jangan kira tak ada makanan khas Indonesia di Kota Mekkah. JCH Indonesia asal Probolinggo di sana, dapat dengan mudah menemukannya di depan Hotel Al-Wehda Towers, tempat jamaah menginap. 

Di depan hotel, beberapa mukimin (orang Indonesia yang sudah bermukim di Arab Saudi), sepanjang hari sudah menyiapkan jualan berbagai makanan khas Indonesia.

Ada nasi goreng, nasi kuning, kolek kacang ijo dan sederet makanan khas tanah air lainnya.

Makanan ringan? Juga ada. Mulai dari yang direbus, gorengan, kue basah dan krupuk, serta lainnya. Semua sudah siap sedia, tentunya dengan harga yang terjangkau. 

JCH Indonesia betul-betul dimanjakan seleranya, sehingga seolah-olah jamaah berada di kampung halamannya sendiri: Indonesia. 

Di hotel, jamaah mendapat jatah makan dua kali: nasi dan lauknya, roti, buah dan air minum. Disediakan juga fasilitas air panas berikut gelas dan beberapa bungkus teh, kopi susu, dan gula yang sudah dibagikan ke jamaah sejak tiba ke Mekkah. 

Hotel Al-Wehda Towers di daerah Jarwal yang ditempati JCH Indonesia asal Probolinggo, memang berjarak sekitar 2 kilometer dari Masjidil Haram. Itu jarak yang cukup jauh bila berjalan kaki.

Tapi di depan hotel, sudah disediakan bis yang siap mengantarkan jamaah menuju Terminal Syib Amir, tak jauh dari Masjidil Haram. Dari terminal ini, jamaah berjalan kaki sekitar 300 meter menuju Masjidil Haram.

Untuk kembali ke hotel atau penginapan, di terminal yang sama (Syib Amir) sudah siap armada bus, yang akan mengantarkan jamaah. 

Selama berada di Mekkah, JCH Indonesia betul-betul dilayani dan dipenuhi dengan berbagai fasilitas yang cukup memuaskan. Haji pun serasa di kampung halaman, apalagi dengan adanya makanan khas Indonesia. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com