Indikator
  • Undercontruction

RUU Pesantren Disetujui Baleg sebagai Usul Inisiatif DPR

Home / Politik / RUU Pesantren Disetujui Baleg sebagai Usul Inisiatif DPR
RUU Pesantren Disetujui Baleg sebagai Usul Inisiatif DPR Anggota Badan Legislasi Achmad Baidowi. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, JAKARTA – Rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR menyetujui RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan sebagai usul inisiatif DPR dan akan dibawa ke paripurna untuk dimintakan persetujuan.

Fraksi PPP sebagai salah satu pengusul RUU mengapresiasi kinerja Baleg yang telah membuat sejarah besar untuk melindungi pesantren melalui produk legislasi.

"Fraksi PPP mengusulkan RUU inu  sejak periode lalu. Tepatnya sejak 2013 diperjuangkan msk daftar Prolegnas," anggota Badan Legislasi Achmad Baidowi dalam keterangan pers, Jumat (14/9/2018).

Menurut Awiek, sapaan akrab Baidowi, RUU yang terdiri atas 10 bab dan 169 pasal ini tidak hanya mengatur pendidikan agama Islam saja seperti pesantren dan madrasah diniyah, tapi pendidikan semua agama yang diakui Indonesia.

Dia berharap dalam paripurna nanti akan disetujui oleh semua fraksi. "PPP sebagai salah satu pengusul bersedia berkompromi dengan menyandingkan draf RUU yang dikompilasi oleh tenaga ahli Badan Legislasi bersama tenaga ahli PPP dan tenaga ahli PKB," tuturnya.

Anggota Komisi II DPR ini menambahkan, dalam menyusun draf RUU tersebut, PPP juga meminta masukan dari para pemangku kepentingan seperti pimpinan pondok pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan.

"Dengan adanya RUU Pesantren (RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan) ini nantinya perhatian negara terhadap keberlangsungan pondok pesantren dan lembaga diniyah akan lebih besar termasuk dalam hal kebijakan anggaran," tandas Awiek. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com