Tekan Covid-19, Pemkab Probolinggo Terus Bagikan Masker Gratis

Home / Berita / Tekan Covid-19, Pemkab Probolinggo Terus Bagikan Masker Gratis
Tekan Covid-19, Pemkab Probolinggo Terus Bagikan Masker Gratis Bupati Probolinggo, Tantriana Sari (kanan) bersama Wahup Timbul Prihanjoko, memasangkan masker kepada dua bocah di pantai duta (FOTO: Humas)

TIMESPROBOLINGGO, PROBOLINGGOPemkab Probolinggo, Jatim, telah membagikan 1.110.000 masker gratis April lalu untuk menekan penyebaran Covid 19. Kini, pemkab menghimpun 147 ribu masker dari perusahaan, untuk dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Langkah ini ditempuh untuk mendukung Gerakan Masyarakat Memakai Masker (GM3) berupa Gerakan 26 Juta Masker Jawa Timur, yang diluncurkan Mendagri Tito Karnavian di Malang, beberapa waktu lalu.

Bupati Probolinggo, Tantriana Sari mengatakan, mulai Maret 2020 lalu Pemkab serius menekan penyebaran Covid 19 yang menjadi pandemi global.

"April 2020, Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah membagikan 1.110.000 masker kepada masyarakat. Ribuan masker dari APBD dan dukungan perusahaan tersebut sudah dibagikan rata kepada seluruh penduduk," katanya.

Dan kini, pemkab menghimpun sedikitnya 147 ribu masker non APBD, untuk mendukung Gerakan 26 Juta Masker. Ratusan ribu masker ini merupakan bantuan dari perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Probolinggo.

"Saya menyampaikan apresiasi atas dukungan dari berbagai pihak untuk pengadaan masker sebagai upaya dalam mencegah penyebaran Covid 19 di Kabupaten Probolinggo. Termasuk juga bantuan 10.000 masker dari Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo," jelasnya.

Ke depan, Pemkab Probolinggo melalui Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 akan mendisiplinkan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan. Salah satunya memasifkan penggunaan masker di masyarakat.

"Perlu kita sadari, kedisiplinan masyarakat perlu kita tingkatkan. Untuk meningkatkan disipilin masyarakat, Pemerintah Daerah bersama TNI dan Polri berkomitmen akan memasifkan sosialisasi pemakaian masker di masyarakat, termasuk di tempat-tempat umum," tegasnya.

Karena itu, Bupati meminta semua pihak ikut berperan aktif agar masker yang tadinya hanya dikantongi, mampu menyadarkan masyarakat bahwa masker bukan lagi sebagai kewajiban, melainkan kebutuhan menuju sehat lahir dan batin.

"Ini semua harus bersama-sama dilakukan secara telaten dan konsisten. Sehingga nantinya masker betul-betul dimanfaatkan dan dipakai secara benar sebagai upaya bersama pencegahan penyebaran Covid 19 di Kabupaten Probolinggo," pungkasnya. 

Hingga 14 Agustus 2020, terdapat 285 kasus positif Covid 19 di Kabupaten Probolinggo. Ada 26 suspek, dan 2 probabek. Probolinggo masuk zona orange/resiko sedang. Inilah yang mendasari Pemkab Probolinggo membagikan masker gratis secara masif. (d)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com