Wow, Tiongkok Sukses Lahirkan Pembaca Berita Virtual

Home / Berita / Wow, Tiongkok Sukses Lahirkan Pembaca Berita Virtual
Wow, Tiongkok Sukses Lahirkan Pembaca Berita Virtual Pembaca berita virtual sukses dikembangkan Tiongkok (Foto: The Indian Express)

TIMESPROBOLINGGO, TIONGKOK – Satu lagi profesi manusia diambil alih teknologi menyusul publikasi Kantor berita Tiongkok, Xinhua yang menunjukkan pembaca berita virtual berbasis kecerdasan buatan.

Diberi nama Al, pembaca berita virtual ini dibuat spesifik menirukan suara dan ekspresi wajah manusia. Dirupakan dalam sosok laki-laki yang menggunakan setelan jas, Al ditampilkan kali pertama pada Konferensi Internet Dunia di Provinsi Zhejiang, wilayah timur Tiongkok.

Untuk bahasa Inggris, Al dirupakan dengan tampilan pembaca berita Zhang Zhao. Sedangkan untuk bahasa Mandarim, ia menggunakan versi wajah pembaca berita, Qiu Hao.

Saat tayang perdana, pembaca berita virtual ini mengatakan, "Halo, Anda sedang menyaksikan program berita bahasa Inggris. Saya Al, pembaca berita." Dalam rekaman terpisah, Al mengatakan bisa bekerja tanpa kenal lelah karena teks berita diketik dalam sistem tanpa gangguan. 

Bisa mengucapkan kata dalam bahasa Mandarin dan Inggris, Xinhua menyebut Al bisa bekerja 24 jam dalam sehari dan memungkinkan pengurangan biaya produksi, namun dengan peningkatan efisiensi. 

Xinhua mengembangkan pembawa berita virtual ini melalui kerja sama dengan perusahaan mesin pencari, Sogou. Al dikembangkan dengan menggunakan teknologi Sogou avatar, sebuah teknologi mutakhir untuk lokalisasi landmark dan rekonstruksi wajah.

Pembaca berita virtual ini bekerja dengan cara memasukkan teks berita terlebih dahulu sebelum ditampilkan di layar. Tak hanya dapat menyiarkan dengan suara serupa orang yang sebenarnya, tetapi gerakan bibir dan ekspresi wajah pembaca berita virtual ini pun bisa dicocokkan dengan suaranya.

Penasaran dengan penampilan A, saksikan pada video di bawah ini. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com