Unit Damkar Kota Probolinggo Evakuasi Sarang Lebah

Home / Berita / Unit Damkar Kota Probolinggo Evakuasi Sarang Lebah
Unit Damkar Kota Probolinggo Evakuasi Sarang Lebah Sarang lebah yang berhasil dievakuasi unit damkar Kota Probolinggo. (FOTO: Happy L. Tuansyah/TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Unit Damkar Kota Probolinggo, Jawa Timur, tak hanya siaga menangani kebakaran. Unit di bawah Dinas Satpol PP ini juga menangani keluhan masyarakat, soal sarang lebah. Evakuasi pun berlangsung dramatis dan sempat membuat petugas kerepotan.

Sebelumnya, Unit Damkar Satpol PP Kota Probolinggo, menerima keluhan dari seorang warga jalan wr Supratman gang 3, Mangunharjo, Mayangan. Warga tersebut mengeluhkan gangguan dari serangga jenis lebah madu. Dimana serangga yang hidup berkoloni itu, berkembang biak di atap lantai dua rumahnya.

Semula lebah tersebut tidak mengganggu. Karena memang sudah ada di atap rumah sejak 15 tahun silam. Namun belakang, sering masuk ke dalam rumah dan menyengat pemilik rumah.

Akibat dari sengatan itu sendiri, Randy Hartanto, sang pemilik rumah sampai mengalami alergi. Bekas sengatan dan sekujur tubuhnya bengkak dan ruam merah. “Bahkan wajah saya ini, juga bengkak. Akibat alergi sengatan tawon itu,” ujarnya, ditemui di kediamannya, Jumat (14/6/2019) sore.

Tak tahan dengan sengatan itu, Randy pun menghubungi layanan darurat unit damkar setempat. Evakuasi pun dilakukan, untuk mengambil sarang dan ratu lebah. Agar tidak berdiam di lokasi tersebut.

Petugas sempat mengalami kesulitan, saat mengevakuasi lebah. Jumlahnya yang sangat banyak, membuat petugas kerepotan. Beberapa petugas bahkan sempat terkena sengatan lebah madu tersebut.

“Setahun ini ada dua kali kasus sarang lebah semacam ini. Bagi masyarakat bisa melapor pada kami. Jika butuh bantuan,” kata Danru 2 Damkar, Sulis Susanto.

Setelah berjibaku selama sekitar satu jam, petugas berhasil mengangkat sarang lebah berikut ratunya. Selanjutnya, sarang lebah lengkap dengan madunya itu dibawa ke kantor Satpol PP Kota Probolinggo. Pemilik rumah, memberikannya sebagai imbalan pada petugas. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com