Merah Putih Raksasa Berkibar di Tebing 74 Meter di Lereng Argopuro

Home / Berita / Merah Putih Raksasa Berkibar di Tebing 74 Meter di Lereng Argopuro
Merah Putih Raksasa Berkibar di Tebing 74 Meter di Lereng Argopuro Bendera merah putih berkibar di lereng Gunung Argopuro tepatnya di tebing wisata air terjun Kalipedati, Krucil, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Bendera merah putih raksasa berukuran 10 x 5 meter berkibar di lereng Gunung Argopuro, di tebing ketinggian 74 meter, tepatnya wisata air terjun Kalipedati, Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (16/8/2019).

Itu dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-74 Republik Indonesia. Bendera raksasa dikibarkan oleh Pemkab Probolinggo, yang melibatkan komunitas FPTI (Federasi Pemanjat Tebing Indonesia) Kabupaten Probolinggo.

Pengibaran bendera merah putih kali ini terbilang sangat unik dan luar biasa. Karena sebelumnya, di Kabupaten Probolinggo belum pernah dilakukan pengibaran merah putih di tebing terjal. Wisata air terjun Kalipedati ini memiliki ketinggian antara 1.000 hingga 1.300 mdpl (meter dari permukaan laut).

Ada empat pemanjat tebing yang beraksi dalam pengibaran merah putih tersebut. Mereka adalah Azril El Miski, Jackey Wicaksono, Bambang Purnomo, dan Ari. Menariknya, Azril El Miski masih berusia 13 tahun.

Azril El Miski mengungkapkan, demi merayakan kemerdekaan RI, dirinya sangat antusias dalam pengibaran merah putih, meski sedikit ada kesulitan saat membentangkan bendera raksasa itu di tebing 74 meter.

“Yang membuat saya sedikit kesulitan, karena tebingnya terlalu vertikal, dan ada beberapa tebing yang nge-hang. Jadi harus kadang bergelantungan lama. Untuk bentangkan bendera di atas tebing itu butuh waktu sekitar 30 menit,” tutur Azriel, usai mengibarkan bendera merah putih.

Sementara itu, Wakil Bupati Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko mengungkapkan, pengibaran bendera merah putih raksasa di wisata air terjun Kalipedati, tentunya tak lain untuk memeriahkan kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia. Sekaligus mengenalkan wisata air terjun baru tersebut.

“Karena di Kabupaten Probolinggo, bukan hanya Gunung Bromo yang berpotensi, masih banyak wisata-wisata yang patut kita kunjungi. Ini harus kita jaga dan lestarikan untuk ke depannya, agar Kabupaten Probolinggo lebih baik,” kata Wabup Timbul.

Jika tidak dikenalkan potensi wisata, kata dia, masyarakat tidak mungkin akan tahu. Maka dari itu pihaknya menggelar upacara pengibaran bendera merah putih raksasa di tebing setinggi 74 meter, di tebing wisata air terjun Kalipedati, di lereng Gunung Argopuro, Kabupaten Probolinggo. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com