Minum Kopi dengan Cara Tak Biasa, Pernah Coba?

Home / Gaya Hidup / Minum Kopi dengan Cara Tak Biasa, Pernah Coba?
Minum Kopi dengan Cara Tak Biasa, Pernah Coba? Ilustrasi - Minum Kopi (FOTO: shutterstock)

TIMESPROBOLINGGO, JAKARTA – Indonesia tak hanay terkenal dengan negara penghasil kopi enak, namun Indonesia juga punya ragam cara minum kopi yang tak biasa. 

Beberapa daerah di Indonesia punya cara unik minum kopi. Seperti apa sajakah itu?

1. Kopi bersama durian

Kopi-dan-durian.jpgfoto: shutterstock.com

Jika Anda berkunjung ke Sumatra, Anda akan mendapati kopi yang dusajikan bersama durian. Ya cara tersebut adalah tradisi warga setempat secara turun temurun. 

Untuk menikmatiknya ada beberapa versi. Pertama ada yang mencampur buah durian beserta bijinya langsung di kopi. Yang kedua mencocol durian ke kopi dan memakannya. Cara mana yang ingin Anda coba?

2. Diminum dari batok kelapa

Kopi-cangkir-batok-Kelapa.jpgfoto: shutterstock.com

Minum kopi dengan cara yang tak biasa adalah menggunakan batok kelapa sebagai cangkirnya. Penyajian unik ini terkenal dari Pakantan, sebuah desa di daerah Mandailing, Sumatera Utara. Kopi jenis ini dinamakan kopi Takar. Biasanya kopi dicampur dengan gula aren dan kayu manis. 

3. Dinikmati secara tubruk

Kopi-Tubruk.jpgfoto: shutterstock.com

Kopi tubruk sudah sering kita dengar ya, terutama bagi Anda di Jawa maupun Bali. Kopi ini punya penggemarnya sendiri. Bubuk kopi langsung dicampur dengan gula dan air panas. 

Yang membuat nikmat kopi tubruk adalah sari kopi akan semakin enak ketika dinikmati saat sedang panas-panasnya. 

4. Kopi dan arang

Kopi-Arang.jpgfoto: brilio.net

Cara minum kopi unik lainnya ada di Yogyakarta. Nama bekennya kopi joss. Dinamakan kopi joss, konon karena bunyi arang membara yang dicelupkan dalam kopi, "Joss," bunyinya. 

5. Diracik dengan telur

Kopi-Telur.jpgfoto: shutterstock.com

Kopi diracik dengan telur pasti merupakan sajian kopi khas dari Minangkabau. Kopi talua namanya. Cara membuatnya juga cukup gampang. Kopi dicampur dengan susu kental manis beserta serbuk kayu manis. Kuning telur kemudian ditambahkan dan diaduk sampai mengembang. Rasanya yang manis dan gurih membuat kopi talua jadi spesial bagi penggemarnya.

6. Diminum dengan gelas terbalik

Kopi-Gelas-terbalik.jpgfoto: brilio.net/ivanovich

Tak kalah unik, kopi diminum dengan gelas yang dibalik. Apa nggak tumpah? Rahasianya terletak dari pisin atau piring kecil. Meminumnya dengan cara menyeruput dari rembesan gelas terbalik tersebut. Perlu kehati-hati saat meminumnya. Jika tidak awas saat menyeruput, kopi bisa-bisa malah tumpah dan membasahi baju lho.

7. Kopi dan gula jawa

Kopi-Gula-Jawa.jpgFoto: kitchenofindonesia.com

Sajian satu ini juga unik, Kopi hitam pahit disajikan bersama gula jawa (gula merah). Cara menikmatinya seruput kopinya gigit gula jawanya. Sensasi manis dari kopi akan berbaur dengan manis si gula jawa.

Jadi cara minum kopi mana yang pernah Anda coba?. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Tags:

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com