Ketahanan Informasi Pendidikan

Dana Hibah UWG Digunakan untuk Kembangkan PAUD

Home / Berita / Dana Hibah UWG Digunakan untuk Kembangkan PAUD
Dana Hibah UWG Digunakan untuk Kembangkan PAUD Pos PAUD di Kelurahan Merjosari. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, MALANG – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diberdayakan di setiap RW. Pos PAUD merupakan salah satu bentuk Satuan PAUD Sejenis (SPS), dibentuk untuk memenuhi kebutuhan layanan pendidikan di tingkat kelurahan. 

Pos PAUD di wilayah Kelurahan Merjosari ditujukan bagi masyarakat yang belum siap mengikutsertakan putra-putrinya dalam pelayanan PAUD formal yang lebih intensif.

Karena sifatnya yang mandiri, kondisi Pos PAUD di Kelurahan Merjosari masih jauh dari kata layak, apalagi sempurna. Kondisi ini ditangkap oleh Dr. Adya Hermawati, SE., MM sebagai lahan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, khususnya bidang pengabdian kepada masyarakat. 

Bersama dengan Dra. Hj. Yatima E.I, MM  dan Dr. Suhermin, SE, MM, Adya berupaya memberikan solusi alternatif terhadap beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok Pos PAUD di Kelurahan Merjosari.

dana-hibah-uwg.jpg

Kegiatan ini terlaksana atas dana hibah Kemenristek Dikti tahun pelaksanaan 2017. Fokusnya memperbaiki  kondisi fisik Pos PAUD agar terlihat lebih menarik, memperbaiki sistem pembelajaran yang dilakukan agar lebih tepat sasaran.

Meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan Pos PAUD, optimalisasi tatakelola manajemen administrasi, dan meningkatnya kepercayaan masyarakat yang ber-imbas kepada makin tertatanya operasional Pos PAUD.

Tahap pertama kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skim IbM/PKM ini berhasil mengimplementasikan beberapa hal. Yaitu alat peraga edukatif/APE motorik kasar (outdoor), pagar besi, meja  kursi warna warni standard siswa usia dini, loker warna warni, lemari arsip dokumen, kursi guru, meja pentas kreasi siswa, dan pelatihan manajemen pengelolaan pengembangan Pos PAUD berkonsep POAC.  

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com