Ketahanan Informasi Nasional

Ini yang Disampaikan Rektor UWG dalam Seminar di UWGM Samarinda

Home / Berita / Ini yang Disampaikan Rektor UWG dalam Seminar di UWGM Samarinda
Ini yang Disampaikan Rektor UWG dalam Seminar di UWGM Samarinda Rektor UWG Malang, Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS, menjadi narasumber dalam seminar yang digelar oleh Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Jumat (8/12/2017). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, MALANG – Rektor UWG Malang, Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS, diundang sebagai salah satu narasumber pada Seminar Sehari Prospek dan Tantangan Pengembangan Ekowisata di Kalimantan Timur.

Seminar itu digelar oleh Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Jumat (8/12/2017).

Acara yang diselenggarakan di Midtown Hotel Samarinda ini juga menghadirkan beberapa nara sumber, diantaranya Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur dan juga akademisi tuan rumah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda.

Seminar-Sehari-2.jpg

Rektor UWGM Samarinda mengatakan bahwa Kalimantan Timur memiliki keanekaragaman hayati yang bukan main banyaknya akan tetapi belum banyak diberdayakan. 

Hal ini dikuatkan oleh Iwan Nugroho dalam paparan singkatnya. Ia menyebutkan terpeliharanya keanekaragaman hayati ini akan lebih terwujud melalui dikembangkannya desa wisata dengan ekowisatanya. 

Menurut Iwan pengembangan ekowisata ini akan sangat mendukung pembangunan berkelanjutan di segala bidang karena peningkatan ekonomi akan dirasakan oleh para pelakunya yang kebanyakan adalah masyarakat desa. "Jadi, bisa dikatakan bahwa ekowisata adalah pintu masuk pembangunan berkelanjutan," ungkapnya. 

Dalam paparan selanjutnya pakar ekowisata Kampus Inovasi ini mencontohkan bagaimana Desa Pujon Kidul di Kabupaten Malang sukses membawa wilayahnya dengan memanfaatkan tanah bengkok menjadi sebuah kawasan wisata yang sampai hari ini banyak mendapat kunjungan dari wisatawan domestik maupun mancanegara.

Seminar-Sehari-3.jpg

Seminar sehari yang dihadiri oleh berbagai komponen masyarakat dan pemerintah ini diselenggarakan dalam rangkaian acara Wisuda ke-26 UWGM Samarinda. 

Kehadiran Rektor UWG Malang ke Kota Tepian yang didampingi oleh para Wakil Rektor (Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS, Dra. Yekti Intyas Rahayu, MM,  Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST, MT) dan Kahumas Dr. Ir. Rita Hanafie, MP. 

Kunjungan ini juga dalam rangka silaturahmi Trio Widya Gama (UWG Malang - UWGM Samarinda - STIE WIdya Gama Lumajang), yang ketiganya didirikan atas prakarsa yang sama yaitu (alm) H. Suwandi. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com