BNPB: Kabar Gunung Agung akan Meletus Besar adalah Berita Hoax

Home / Berita / BNPB: Kabar Gunung Agung akan Meletus Besar adalah Berita Hoax
BNPB: Kabar Gunung Agung akan Meletus Besar adalah Berita Hoax Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali. Jumat (08/12/2017). (FOTO: IST/TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, KARANGASEM – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan berita yang mengatakan Gunung Agung akan meletus besar adalah berita menyesatkan.

"Itu adalah hoax. Hingga saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi belum mampu dapat memprediksikan letusan gunungapi secara pasti," katanya Jumat, (8/12).

Menurut Sutopo, kompleksitas yang dimiliki oleh gunung api menyebabkan sains vulkanologi hingga saat ini belum bisa didekati dengan metode deterministik (yang pasti-pasti). Vulkanologi adalah sains yang didekati metode probabilistik (yang mungkin-mungkin), dimana unsur ketidakpastian harus selalu dimasukkan.

"PVMBG terus melakukan pengamatan secara intensif baik pengamatan secara visual, kegempaan, deformasi, geokimia maupun dari satelit. Jika ada peningkatan aktivitas yang membahayakan pasti pemerintah akan memberikan peringatan dini dan mengambil langkah-langkah penanganannya," pungkasnya.

Sementara itu, jumlah pengungsi Gunung Agung saat ini sebanyak 66.716 jiwa yang tersebar di 225 titik pengungsian. Secara umum penanganan pengungsi berlangsung dengan baik. Stok logistik mencukupi. BNPB mengkoordinir potensi nasional untuk mendampingi Pemda dalam penanganan erupsi Gunung Agung. Pos Pendampinan Nasional didirikan dan beroperasi aktif 24 jam.

Jika masyarakat ingin memperoleh informasi lebih lanjut dan pengaduan terkait erupsi, kebutuhan logistik, pelayanan kesehatan, kebutuhan ambulance, evakuasi, ternak, pelayanan air bersih, tenda pengungsi, tim petugas lapangan, dan hal-hal penting lainnya, silakan menghubung Call Center Posko Gunung Agung di 0361-234099. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com