Mebel Rotan Gresik Diminati Hingga Mancanegara

Home / Ekonomi / Mebel Rotan Gresik Diminati Hingga Mancanegara
Mebel Rotan Gresik Diminati Hingga Mancanegara Salah seorang pengrajin mabel berbahan dasar rotan di salah satu sentra pengrajin mabel Desa Tanjung Wates Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik Jawa Timur. (FOTO: Akmal/TIMESIndonesia)

TIMESPROBOLINGGO, GRESIK – Geliat usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Gresik Jawa Timur semakin menggeliat, salah satunya kerajinan mebel dengan bahan baku rotan yang sangat diminati pasaran mancanegara. 

Salah satu sentra mebel rotan berada di Tanjung Wates, Kecamatan Wringinanom, Gresik yang mayoritas warganya bergelut dengan dunia mebeler berbahan rotan. 

Sentra mebeler rotan ini membuat beraneka perabot rajutan dari rotan, seperti rak bertingkat, tempat tidur (dipan) dan meja kursi.

Salah satu pengrajin pengrajin rotan asal desa Wates Tanjung, kecamatan Wringinanom, Gresik, Sodikin (52) mengatakan dirinya masih mengembangkan usaha yang ia rintis.

"Di sini sentra mabel berbahan dasar rotan. Harga jual bermacam-macam sesuai kesulitan dalam membuat produk tersebut," katanya, Jumat (08/12/2017)

Biasanya, hasil produksi mereka dikirim hingga ke luar negeri seperti Australia bahkan Amerika. "Barang dari sini juga dikirim hingga keluar negeri," jelas dia. 

Selain harus pandai memutar otak, dirinya juga mengatakan beberapa inovasi dihadirkan untuk mengikuti zaman. "Tentunya tak hanya itu, kami juga selalu inovasi dengan mengikuti perkembangan zaman,"  tambah dia. 

Senada dengan hal itu, M. Udin (42) pengrajin mebel rotan, mengaku harga produk rotan beragam sesuai dengan grade, bagus, sedang dan rendah.

Untuk menyiasati bahan baku rotan yang mahal, Udin mengaku mengkombinasikan dengan kulit pisang yang dikeringkan (Gedebok). 

"Untuk usaha rotan harus bertahan, namun biasanya kita siasati dengan mengkombinasikan rotan dengan rajutan kulit pohon pisang yang sudah dikeringkan (gedebok), ini juga baik untuk menghemat biaya namun kualitas tetap terjaga," tukas Udin. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com