Konsumsi Buah Ini Dapat Mengobati Kanker Serviks Lho

Home / Gaya Hidup / Konsumsi Buah Ini Dapat Mengobati Kanker Serviks Lho
Konsumsi Buah Ini Dapat Mengobati Kanker Serviks Lho ILUSTRASI. Blueberry dapat menjadi alternatif pengobatan kanker serviks. (FOTO: jonbarron.org)

TIMESPROBOLINGGO, JAKARTA – Kanker serviks menjadi salah satu penyakit paling ditakuti para wanita. Banyak wanita di dunia ini meninggal karena mengidap kanker serviks. Meski berbahya, kanker serviks bukan tidak mungkin untuk dicegah atau disembuhkan. Selain dengan pengobatan medis, tahukah Anda ternyata kanker serviks dapat juga disebuhkan dengan cara tradisional. Salah satunya adalah dengan buah blueberry.

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan Profesor Yujiang Fang dari University of Missouri School of Medicine menyebutkan bahwa sebuah penelitian telah dilakukan untuk mempelajari ekstrak dari buah ini untuk memastikan apakah bisa dijadikan radiosensitiser atau tidak.

Sebagai informasi, radiosensitiser adalah semacam bahan kimia yang bisa membuat sel kanker cenderung merespons terapi radiasi dengan lebih baik. Ternyata, di dalam blueberry terdapat resveratrol, semacam radiosentisitiser yang dianggap bisa menjadi penyembuh kanker serviks dengan efektif.

Dalam penelitian ini, beberapa kelompok yang terdiri dari orang yang sedang mengidap kanker serviks diberikan berbagai macam terapi yang berbeda. Ada yang mendapatkan terapi radiasi, ada yang mendapatkan ekstrak blueberry, dan ada yang mendapatkan kombinasi dari radiasi dan ekstrak blueberry.

Hasilnya, kelompok yang mendapatkan radiasi mengalami penurunan jumlah sel kanker hingga 20 persen, kelompok yang mendapatkan ekstrak blueberry mengalami penurunan jumlah sel kanker hingga 25 persen, dan kelompok yang mendapatkan kombinasi keduanya mengalami penurunan jumlah sel kanker hingga 70 persen. Hal ini berarti, ekstrak blueberry bisa membantu meningkatkan efektifitas terapi radiasi dalam membunuh sel kanker dengan signifikan.

Profesor Fang pun menyarankan penderita kanker serviks yang masih menjalani terapi radiasi untuk rutin mengonsumsi blueberry yang diyakini akan membantu proses penyembuhan penyakitnya sehingga kemungkinan untuk bertahan hidup dan berhasil sembuh pun akan menjadi lebih besar. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com