Tiga Provinsi Sudah Penuhi Minimal 95 persen JKN

Home / Berita / Tiga Provinsi Sudah Penuhi Minimal 95 persen JKN
Tiga Provinsi Sudah Penuhi Minimal 95 persen JKN ILUSTRASI: Kartu JKN (FOTO: suaranusantara)

TIMESPROBOLINGGO, JAKARTA – Tiga provinsi capai minimal 95 persen penduduknya tercakupi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat pada akhir 2017.

Ttiga provinsi tersebut adalah Aceh, DKI Jakarta, dan Gorontalo.

"Suatu hal yang luar biasa di akhir tahun 2017, kita mengapresiasi tiga provinsi, 67 kabupaten, 24 kota yang sudah mencapai minimal 95 persen penduduknya menjadi peserta BPJS Kesehatan, yang sebenarnya ditargetkan pada 2019," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris di kantor Jakarta, Selasa (2/1/2012).

Menurut dia, target cakupan semesta atau "Universal Health Coverage" (UHC) pada 2019 ialah paling sedikit 95 persen dari seluruh penduduk Indonesia sudah memperoleh program JKN-KIS.

Selain itu, Fahmi juga menyebut ada tiga lagi provinsi yang akan menyusul yakni Provinsi Jambi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Dari tiga provinsi tersebut ada 59 kabupaten, dan 15 kota yang berkomitmen untuk mencapai cakupan semesta pada 2018.

Dia menerangkan BPJS Kesehatan memiliki konsep mencapai cakupan semesta yang dimulai dari capaian tiap kabupaten-kota. Bahkan Fahmi mengatakan akan memulainya dari wilayah yang lebih kecil yaitu di kecamatan.

"Kalau kita mulai UHC dimulai dari kabupaten-kota lambat laun ini akan terus bergerak. Bila perlu kalau satu tahun ini kota itu belum UHC, kita buat kecamatan UHC," ungkapnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com