Pengamanan Pilkada Bangkalan Menelan Biaya Rp 5 Miliar

Home / Berita / Pengamanan Pilkada Bangkalan Menelan Biaya Rp 5 Miliar
Pengamanan Pilkada Bangkalan Menelan Biaya Rp 5 Miliar Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha memeriksa kelengkapan peralatan pengamanan Pilkada usai menggelar apel Operasi Mantab Praja 2018. (FOTO: Doni Heriyanto/TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, BANGKALAN – Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bangkalan yang akan diselenggarakan pada 27 Juni 2018 mendatang, menelan anggaran yang cukup fantastis. Biaya yang dikucurkan mencapai Rp 5,09 Miliar. 

"Anggaran ini, merupakan dana hibah dari pemerintah daerah (Pemda), yang akan digunakan sepenuhnya untuk kegiatan Pilkada," terang Kapolres Bangkalan, AKBP Anissullah M Ridha, Rabu (17/1/2018).

Menurutnya, dana sebesar Rp 5,09 miliar tersebut khusus untuk Polres Bangkalan. Masing-masing instansi seperti Kodim 0829/Bangkalan dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batuporon juga menerima anggaran tersendiri. 

"Saat pelaksaan pengamanan setiap kesatuan saling bersinergi," imbuh Anissullah. 

Perwira kelahiran Banda Aceh ini menuturkan, sebanyak 320 personel kepolisian diterjunkan dalam pengamanan Pilkada serentak tersebut. Paling tidak, TNI diharapkan bisa mengerahkan 200 pasukan. 

"Sesuai instruksi Mabes Polri, kami meminta TNI menerjunkan 2/3 personel dari jumlah pasukan kepolisian yang dikerahkan," ungkapnya. 

Anisullah menambahkan, Polres Bangkalan masih membutuhkan tambahan perlengkapan peralatan pengamanan Pilkada. Khususnya, peralatan yang digunakan untuk penanganan aksi massa. 

"Penambahan beberapa item peralatan itu didatangkan dari Polda Jawa Timur dan Mabes Polri. Mungkin dalam satu bulan atau dua bulan kedepan sudah datang," tandasnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com