LPJ Desa Terlambat, DPMD Situbondo Gelar Rakor

Home / Berita / LPJ Desa Terlambat, DPMD Situbondo Gelar Rakor
LPJ Desa Terlambat, DPMD Situbondo Gelar Rakor Drs.Suradji, MM di Dampinggi Yogie Kripsian Sah dan Oendamping Ahli dalam Rapat Koordinasi Tenaga Pendamping Profesional dan DPMD Situbondo (FOTO: Fawaid Aziz/TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, SITUBONDO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) gelar rapat koordinasi (rakor) untuk mendorong percepatan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) tahap kedua tahun 2017.

Dalam rakor yang dihadiri Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Situbondo itu, Kepala Dinas PMD Situbondo, Suraji mengatakan LPJ Dana Desa dan Anggaran Dana Desa tahap kedua tahun 2017 sudah harus diselesaikan pada 10 Januari 2018.

Namun hingga Rapat koordinasi ini digelar, dari 132 desa di Situbondo baru 87 desa yang menyelesaikan LPJ.

"Keterlambatan LPJ desa menjadi tanggung jawab kita semua selaku pendamping untuk mendorong desa agar segara menyelesaikan LPJ sesuai waktu yang ditentukan Kabupaten," katanya, Kamis (18/1/2018).

Rapat-Koordinasi-2.jpg

Menurut Suraji, berdasarkan surat edaran Bupati Situbondo pada tanggal 11 Januari 2018 soal teguran kepada kepala desa yang belum menyelesaikan LPJ, bahwa setelah tahapan teguran tertulis dilayangkan oleh Camat kepada Kepala Desa, maka Camat dapat memberikan rekomendasi kepada Bupati untuk memberikan sanksi pemberhentian sementara kades.

“Jika dalam batas waktu tersebut ada kepala desa yang belum menyelesaikan SPJ, maka (Pemkab Situbondo) akan melakukan pemberhentian sementara kepada kades yang bersangkutan,” terang suraji.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com