KSDA-ProFauna Amankan Belasan Burung Dilindungi di Kota Ternate

Home / Berita / KSDA-ProFauna Amankan Belasan Burung Dilindungi di Kota Ternate
KSDA-ProFauna Amankan Belasan Burung Dilindungi di Kota Ternate Sejumlah burung kakak tua dan nuri yang berhasil disita tim KSDA saat operasi di Kota Ternate. (FOTO: Istimewa)

TIMESPROBOLINGGO, MALANG – Tim Patroli KSDA Ternate melakukan patroli peredaran tumbuhan dan satwa liar (TSL) di Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (18/1). Patroli yang didukung oleh PROFAUNA Indonesia ini berhasil mengamankan setidaknya 13 ekor burung nuri dan kakatua dari warga.

Burung yang diamankan antara lain 4 ekor kasturi ternate (Lorius garrulus), 4 ekor kakatua putih (Cacatua alba), 4 ekor nuri bayan (Eclectus roratus), serta 1 ekor kakatua besar jambul kuning (Cacatua galerita). 

Selain itu turut diamankan sejumlah gelang berbahan karapas penyu dan akar bahar (Antipathes sp.).

Patroli ini bersumber dari pantauan tim PROFAUNA Malut di grup jual beli di media sosial Facebook. Aktivitas jual beli burung nuri dan kakatua di grup Facebook terpantau cukup sering.

Kakak-Tua.jpg

Hal inilah yang mendasari PROFAUNA mendorong KSDA untuk melakukan patroli di Kota Ternate.

Daerah-daerah yang menjadi target patroli pengamanan di Kota Ternate antara lain Kelurahan Santiong, Gamalama, Tanah Tinggi Barat, Tabona, Kalumpang, Fitu, dan Sasa.

“Gelang dari karapas penyu dan akar bahar diamankan dari penjual batu bacan di Pasar Gamalama. Satu gelang karapas penyu dijual dengan harga Rp500.000, sedangkan gelang akar bahar dihargai Rp30.000 per buah”, ujar Ekawati Ka’aba, Koordinator PROFAUNA Indonesia Representatif Maluku Utara

Hasil patroli pengamanan menunjukkan bahwa sebagian besar burung nuri dan kakatua ini berasal dari grup jual beli Facebook. Di grup itu, jual beli burung nuri dan kakatua baik yang dilindungi maupun tidak dilindungi kerap terjadi.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com