Pemilu 2019

Ini Temuan Panwaslu Lamongan saat Verifikasi Faktual Parpol

Home / Berita / Ini Temuan Panwaslu Lamongan saat Verifikasi Faktual Parpol
Ini Temuan Panwaslu Lamongan saat Verifikasi Faktual Parpol Ketua Panwaslu Kabupaten Lamongan, Toni Wijaya saat dimintai keterangan awak media, Jumat (19/1/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESPROBOLINGGO, LAMONGAN – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mendapat temuan mengejutkan selama pelaksanaan verifikasi faktual yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Ketua Panwaslu Kabupaten Lamongan, Toni Wijaya mengatakan satu partai politik (parpol) Partai Garuda di Kabupaten Lamongan ternyata memiliki dua Surat Keputusan (SK) yang berbeda.

“Dua SK pengurus Partai Garuda dengan dua nama sekretaris,” kata Toni di kantor Panwaslu Kabupaten Lamongan, Jalan Sunan Drajat Lamongan, Jumat (19/1/2018). 

Menurut Toni, dua SK pengurus yang berbeda tersebut, ada di data Sistem informasi parpol (sipol) KPU dan ada yang disimpan pengurus Partai Garuda. 

"Jadi di sistem informasi Parpol yang ada di KPU disebutkan sekretaris dipegang oleh Mudhofar, SE sementara di SK yang disimpan oleh pengurus di sekretariat mereka, jabatan sekretaris dipegang oleh Khambali," ucap Toni. 

Toni membeberkan, sesuai dengan regulasi, salinan surat keputusan kepengurusan parpol di semua tingkatan harus sesuai dengan data yang telah ada di Sipol KPU. 

Namun, apabila tak sesuai, maka parpol yang bersangkutan bisa dinyatakan tidak memenuhi syarat meski masih bisa melakukan perbaikan dalam masa verifikasi faktual perbaikan. 

“Partai politik yang bersangkutan juga sudah kami mintai keterangan dan berjanji akan mengurus perbedaan tersebut," ujar Toni.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com